Penerapan Metode “Gaming” Dalam Meningkatkan Motivasi serta Kemampuan Bahasa Inggris pada Pemuda Desa Wisata Domba Adu Rancabango
Keywords:
metode gaming, motivasi, pembelajaran Bahasa Inggris, desa wisata, pemudaAbstract
Penerapan metode "gaming" dalam pembelajaran bahasa Inggris memiliki potensi untuk meningkatkan motivasi belajar di kalangan pemuda. Dengan penerapan metode yang di balut permainan, mampu menepis pandangan bahwa belajar Bahasa asing sangat sulit dan menjenuhkan. Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan serta motivasi bahasa Inggris para pemuda di Desa Wisata Rancabango melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Tujuan akhir dari program ini agar peningkatan kemampuan Bahasa Inggris ini mampu mendorong pemuda memaksimalkan potensi desanya yang kaya dan beragam. Metode yang digunakan dalam program ini adalah gabungan dari pendekatan partisipatif berbasis game untuk memperkuat keterampilan bahasa serta memberikan motivasi dalam proses pembelajaran. Melalui observasi dan angket pre-test dan post-test, ditemukan peningkatan motivasi belajar dan partisipasi pemuda selama kegiatan. Hasilnya menunjukkan bahwa metode "gaming" berhasil memotivasi peserta untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, dengan peningkatan minat yang tinggi setelah program berjalan. Metode ini dapat menjadi alternatif efektif dalam pelatihan bahasa Inggris di wilayah pedesaan dan mampu diterapkan bagi berbagai level pendidikan.