Pendampingan Pengawasan Teknis Pembangunan Jalan Samota Untuk Peningkatan Aksesibilitas Kawasan Moyo Utara - NTB : MYC
Keywords:
Pendampingan, Pengawasan Tehnis, Mutu InfrastrukturAbstract
Jalan dan jembatan merupakan infrastruktur strategis yang mendukung konektivitas, membuka akses ke wilayah terpencil, serta meningkatkan mobilitas manusia dan barang. Proyek Pembangunan Akses Jalan Samota Lanjutan menggunakan skema Multi-Year Contract (MYC) Tahun Anggaran 2023–2024 bertujuan mengembangkan aksesibilitas kawasan strategis di Sumbawa melalui pembangunan jalan sepanjang 1,92 km dan empat jembatan, yaitu Jembatan Aik Bari 1 (60 m, Rangka Baja), Aik Bari 2 (16 m, PCI Girder), Aik Bari 3 (20 m, PCI Girder), dan Aik Bari 4 (4 x 60 m, Rangka Baja). Pengawasan teknis dalam proyek ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan pekerjaan memenuhi standar mutu, efisiensi biaya, ketepatan waktu, dan kepatuhan administratif. Kegiatan pengawasan mencakup pemeriksaan kesesuaian desain terhadap spesifikasi teknis dan hasil survei lapangan, pengujian material di laboratorium independen, serta pengendalian kualitas pekerjaan konstruksi di lapangan. Hasil pengawasan menjadi acuan untuk mengidentifikasi tantangan teknis, menganalisis efektivitas pengendalian mutu, serta memberikan rekomendasi untuk proyek sejenis. Pembangunan akses jalan ini dapat berjalan optimal, mendukung pengembangan ekonomi lokal dan pariwisata, serta memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat Sumbawa
References
Amir. (2021). Evaluasi kinerja konsultan pengawas pada proyek Pembangunan jalan di provinsi kalimantan timur. Jurnal KACAPUTRI Keilmuan Teknik Sipil, 4(2) Juni 2021.
Ida K.S. (2023). Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi dan Infrastruktur Transportasi di Indonesia: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 23(2), p-ISSN 1411-5212; e-ISSN 2406-9280
Kementerian (PUPR). (2023). Spesifikasi Teknis Jalan dan Jembatan Nasional. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga.
Kementerian PUPR (2015). Spesifikasi Teknis Pembangunan Jalan dan Jembatan. Jakarta: PUPR.
Manabung, N.,(2018). Sistem Pengawasan Manajemen Mutu dalam Pelaksanaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Pembangunan Gedung Laboratorium Fakultas Teknik Unsrat). Jurnal Sipil Statik, 6(12), 1079–1084. ISSN: 2337-6732.
Mursidan, A., & Siregar, M. R (2021). Perancangan PTP Microwave Daerah Blank Spot Di Wilayah Tetapan 3T, Bima-NTB. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Sains dan Teknologi, 31(1) .
Pemerintah Indonesia (2020). Laporan Tahunan Pembangunan Infrastruktur Nasional. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
SNI 03-6723-2002 / AASHTO M17-11 (2015). Spesifikasi bahan pengisi untuk campuran beraspal.
Spesifikasi Teknik Revisi 2 (2018). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta.Diakses29/12/2024:https://siwasit.dpubinmarcipka.jatengprov.go.id/SiWasit/assets/dokumen/dokumen_BinarMarga-%40TX%20-%20Spek%202018%20Rev.2%20-%20SEKSI%201-10%20STAND%20RUJUKAN.pdf
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004. Tentang Jalan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 132, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4444.
Wulfram, I. (2017). Tantangan pembangunan infrastruktur dalam Proyek strategis nasional indonesia: Studi Kasus di Indonesia. Surabaya: Prosiding symposium II-UNIID. e-ISBN: 978-979-587-734-9