Pelatihan Membuat Grafik Interaktif Dan Presentase Data Menarik Dengan Microsoft Excel Di Smk Tritech Indonesia

Authors

  • Elida Tuti Siregar Universitas Politensi Utama Author
  • Ommi Alfina Universitas Politensi Utama Author
  • Dedek Ardi Saputra Universitas Potensi Utama Author
  • Frans Ikorasaki Universitas Putra Abadi Langkat Author
  • M. Safii STIKOM Tunas Bangsa Author

Keywords:

Grafik, Countif, persentase, Analisis data, Microsoft excel

Abstract

Grafik merupakan tampilan visual untuk penyajian data memudahkan dalam pengambilan keputusan menggunakan microsoft excel representasi data yang informatif dan relevan.pelatihan membuat grafik interaktif ini bertujuan membekali siswa  menginterpretasi penyajian  dan presentase data yang menarik dan mudah difahami.siswa smk tritech indonesia dapat meningkatkan keterampilan analitis dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pengolaan data , serta siswa siswi mereka untuk menghadapi tantangan dunia kerja dengan keterampilan yang praktis dan aplikatif. , kemampuan menganalisis dan memvisualisasikan data menjadi keterampilan yang sangat penting, terutama di dunia pendidikan dan industry Salah satu fungsi yang sering digunakan dalam analisis data adalah COUNTIF, yang memungkinkan pengguna untuk menghitung jumlah data berdasarkan kriteria tertentu. Namun, banyak siswa di SMK Swasta Tritech Indonesia yang masih kurang memahami penggunaan Excel dalam analisis data dan pembuatan grafik interaktif. Oleh karena itu, pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan COUNTIF dan grafik interaktif di Excel.

References

Aini, U., & Indari, A. (2023). Using of a Spoof Text to Develop Speaking Skill by Instagram at the Eleventh Grade of State Senior High School 1 Selesai in Academic Year 2022/2023. INGGARA: Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, 2(3), 90-98.

Aisyah, D., Hasanuddin, H., & Munir, A. (2023). Hubungan kepribadian tangguh dan optimisme dengan stres akademik pada siswa SMA Negeri 1 Binjai. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(3), 1894-1905.

Ayu, P. W. (2023). The Effect of Visual and Auditory Learning Style on Student’s Reading Comprehension (Doctoral dissertation, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten).

Brown, L. (2024). Enhancing Data Presentation through Interactive Graphs in Excel. Journal of Educational Technology, 15(3), 123-135.

Desta., Kharida., Khairatun. (2023). PERAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI RA HAJJAH ZAHARA. Outline Journal of Education, 2 (52)

Islamiah, F., 2024. Data Visualization Training In Regional Development Planning Documents Using Microsoft Excel. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat Ichsan Sidrap, 1(1).

Johnson, P. (2023). Overcoming Challenges in Data Visualization: A Case Study on Excel Training. Journal of Data Science, 10(2), 98-110.

Jones, R. (2023). Microsoft Excel as a Data Analysis Tool: Applications and Best Practices. Journal of Computer Science Education, 12(4), 200-210.

Lubis, R. R., & Yusnita, N. C. (2023). Development of Media Puzzle Using Game Based Learning Approach to Improve Learning Outcomes Student Mathematics in Elementary School. Journal of Elementary School Education, 188-194.

Misykah, Z., Sembiring, P. S. U., Panggabean, D. S., & Yunia, F. (2023). THE INFLUENCE OF PROBLEM-BASED LEARNING MODELS AND SELF-CONCEPT ON HIGHER ORDER THINKING ABILITIES (HOTS). Jurnal Scientia, 12(04), 334-337.

Ningsih, R. W., Shaleha, K., Isnaningsih, A., Anggia, D., & Farida, N. (2023). Pengaruh Aplikasi Speech Act berbasis Android Terhadap Kemampuan Bahasa pada Anak Speech Delay. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas (BRUE), 9(2).

Nisa, K. (2023). APPLICATION OF AUDIO VISUAL LEARNING MEDIA TO IMPROVING EARLY CHILDHOOD LEARNING OUTCOMES. Jurnal Scientia, 12(01), 827-830.

Panggabean, D. S., Misykah, Z., Sembiring, P. S. U., Dalimunte, A., & Rambe, A. (2023). ACCELERATION OF ABILITY TO WRITE FREE POETRY IN CLASS V STUDENTS OF AN-NISA INTEGRATED ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL, DELI SERDANG REGENCY. Jurnal Scientia, 12(03), 3368-3378.

Sembiring, P. S. U., & Yusnita, N. C. (2023). Pelatihan Model Pembelajaran I-Teach Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Di Lembaga Paud Pada Pendidikan Inklusive. Outline Journal of Community Development, 1(1), 1-6.

Sembiring, P. S. U., & Yusnita, N. C. (2023). Pelatihan Model Pembelajaran I-Teach Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Di Lembaga Paud Pada Pendidikan Inklusive. Outline Journal of Community Development, 1(1), 1-6.

Shaleha, K. (2023). The Effect Of Using Ice Breaking On Learning Motivation Early Chilhood In Ra Al-Mahabbah Batang Kuis. Jurnal Scientia, 12(01), 824-826.

Shaleha, K., & Zebua, D. M. R. (2023). The Role of the Community Environment in Improving the Quality of Early Childhood Education at Ra Hajjah Zahara. Outline Journal of Education, 2(2), 49-52.

Sholeh, Muhammad, et al. "Pelatihan Microsoft Excel untuk Peningkatan Keterampilan Administrasi Santriwati: Suatu Pendekatan Pengabdian Masyarakat di Pondok Pesantren Kun Sholihan Gunungkidul." SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat 2.2 (2024): 151-159.

Siregar, Z. H. (2019). Implementasi Pada excel Excel (COUNT IF ) Sebagai Sistem Informasi Registrasi Dan Monitoring Talangan Haji Pada PT. Bank Mandiri Cab. Ternate. IESM Journal(IndustrialEngineering…,1(1),48–67. http://ejournal.potensiutama.ac.id/ojs/index.php/IESM/article/view/517

Smith, A. (2022). COUNTIF Function in Excel: Applications in Data Grouping and Filtering. Journal of Applied Data Science, 8(1), 45-58.

Susanto, R. (2024). "Efektivitas Microsoft Excel dalam Meningkatkan Kualitas Pengolahan Data di Sekolah Menengah Kejuruan." Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(2), 45-58.

VanDeursen, J., Helsper, E., & Eynom, R. (2008). Measuring digital skills. Conference of the International Communication Association, 58(1), 1–26.

Yusnita, N. C. (2023). The Effectiveness of Puzzle Games in Stimulating Problem Solving Ability in Early Childhood. Jurnal Scientia, 12(01), 788-793.

Yusnita, N. C., Sembiring, P. S. U., Afdhalina, A., Zebar, A., & Pulungan, A. (2023). The role of educators and parents in instilling religious and moral values in early children in the digitalization era. Jurnal Scientia, 12(03), 3776-3781.

Yusnita, N. C., Sembiring, P. S. U., Afdhalina, A., Zebar, A., & Pulungan, A. (2023). The role of educators and parents in instilling religious and moral values in early children in the digitalization era. Jurnal Scientia, 12(03), 3776-3781.

Yusnita, N. C., Sembiring, P. S. U., Afdhalina, A., Zebar, A., & Pulungan, A. (2023). The role of educators and parents in instilling religious and moral values in early children in the digitalization era. Jurnal Scientia, 12(03), 3776-3781.

Downloads

Published

2025-01-13