Pemanfaatan Teknologi Penggunaan Canva sebagai Sarana Media Pembelajaran Interaktif Di SMK Sinar Husni
Keywords:
canva, media, pembelajaran, interaktif, siswaAbstract
Di era digital saat ini, penggunaan teknologi dalam pendidikan menjadi sangat penting. Banyak siswa merasa kurang termotivasi ketika materi pembelajaran disampaikan secara konvensional. Oleh karena itu, penggunaan media interaktif seperti Canva diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan memperbaiki hasil belajar mereka. Canva memungkinkan siswa untuk membuat berbagai jenis materi visual seperti poster, presentasi, dan infografis. Dengan antarmuka yang intuitif dan banyak pilihan template, siswa dapat mengekspresikan ide-ide mereka secara kreatif dan menarik, yang membuat proses belajar lebih menyenangkan. Melalui penggunaan Canva, siswa belajar tentang elemen desain grafis, termasuk pemilihan warna, tata letak, dan tipografi. Ini tidak hanya meningkatkan kreativitas mereka tetapi juga memberikan keterampilan praktis yang relevan dengan tuntutan industri. Canva mendukung kolaborasi antara siswa dan guru. Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk mengembangkan proyek bersama, yang meningkatkan kemampuan kerja tim dan komunikasi mereka. Ini juga menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan dinamis. Canva dapat meningkatkan kreativitas siswa di SMK Sinar Husni melalui beberapa cara yang signifikan Pemanfaatan aplikasi Canva dalam proses pembelajaran di SMK Sinar Husni bertujuan untuk meningkatkan interaktivitas dan kreativitas siswa. Canva, sebagai platform desain grafis berbasis web, menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan guru dan siswa untuk menciptakan materi pembelajaran yang menarik dan efektif. Dengan demikian canva sangat memudahkan siswa di SMK Sinar Husni untuk melakukan aktifitas pembelajaran interaktif.
References
Afdhalina, A., Yusnita, N. C., Zebar, A., & Yustini, Y. (2024). The application of english songs in improving early childhood language development at PAUD Harapan Bangsa Gemilang. Jurnal Scientia, 13(01), 744-752.
Afdhalina, A., Yusnita, N. C., Zebar, A., & Yustini, Y. (2024). The application of english songs in improving early childhood language development at PAUD Harapan Bangsa Gemilang. Jurnal Scientia, 13(01), 744-752.
Agustini, D., dkk, (2021) Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran IPA pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 199–207. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces.
Aisyah, D., & Fadhillah, N. (2024). SOSIALISASI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN IV KEBUN LADA BINJAI. Tour Abdimas Journal, 3(2), 135-142.
Aisyah, D., & Sembiring, P. S. U. (2024). PSIKOLOGI ANAK USIA DINI DI TK SYARIF AR-RASYID BINJAI. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 30-35.
Aisyah, D., & Sembiring, P. S. U. (2024). PSIKOLOGI ANAK USIA DINI DI TK SYARIF AR-RASYID BINJAI. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 30-35.
Hamzah, I., Puspaningtyas, N. D., Amelia, D., Parjito, P., Gulo, I., & Romadhona, W. (2023). Pendampingan Pembuatan Materi Ajar Menggunakan Aplikasi Canva di SMA Negeri 2 Kota Agung. TEKNOMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia, 1(1).
Maolida, E. H., & Salsabila, V. A. (2021). Canva and screencast-o-matic workshop for classroom purpose: comunity service for Madrasah Idtidaiyah teachers. AJAD: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 54-60. https://doi.org/10.35870/ajad.v1i2.13.
Maolida, Elis Homsini, dan Vina Aini Salsabila. 2021 “Canva and ScreencastO-Matic Workshop for Classroom Purpose: A Community Service for Madrasah Ibtidaiyah Teachers.” AJAD:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1, No.2: 54–60. doi: 10.35870/ajad.v1i2.13.
Maryunani. (2021). Meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi melalui aplikasi Canva untuk kelas VI SDN Krembangan Selatan III Surabaya. Elementary:Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 190-196.
Mawardi, N. (2022). Pemanfaatan aplikasi Canva pada pembelajaran menyusun teks iklan kelas XII DKV 2 SMKN 13 Surabaya. Jurnal Bapala, 9(8), 198-207.
Nisa, K., & Shaleha, K. (2024). STRATEGI MENINGKATKAN CINTA TANAH AIR SEJAK ANAK USIA DINI DI PAUD BALITA QUR’AN EL-MUMTADZ. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-4.
Nisa, K., & Shaleha, K. (2024). STRATEGI MENINGKATKAN CINTA TANAH AIR SEJAK ANAK USIA DINI DI PAUD BALITA QUR’AN EL-MUMTADZ. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–4.
Nisa, K., & Shaleha, K. (2024). STRATEGI MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA AWAL ANAK USIA DINI DI PAUD. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 25-29.
Nisa, K., & Shaleha, K. (2024). STRATEGI MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA AWAL ANAK USIA DINI DI PAUD. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 25–29.
Nisa, K., & Ulfa, P. S. . (2024). PELATIHAN GERAK DAN LAGU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA AWAL AUD DI PAUD BALITA QUR’AN EL-MUMTAZ. Tour Abdimas Journal, 3(2), 109–116.
Nurwinda, dkk., (2022). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sd Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 36–44.
Pelangi, G. (2020) Pemanfaatan aplikasi Canvasebagai media pembelajaran bahasa dan sastraIndonesia jenjang MA. Jurnal Sasindo, 8(2),79-96.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79–96.
Pratama R., dkk., (2023) Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Madrasah Aliyah pada Mata Pelajaran IPA, EduBiologia Volume 3 Number 1 Januari 2023.
Pratiwi, D. F., Saputri, L., Yusnita, N. C., Dahlia, I., & Aprilyanti, R. (2024). PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 7 DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA DI SMP NEGERI 2 SECANGGANG. SEDIMA, 1(1).
Puji Astuti, S. (2021). Pengembangan Media Canva Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Listrik Statis. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 3(1), 8–15.
Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran masa kini. Senada (Seminar Nasional Daring PBSI. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI.)
Sari, L. S., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi Canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1699-1703.
Sembiring, P. S. U., & Nasution, M. D. (2024). Difficulties Faced by Early Childhood Teachers in Learning Science in Early Childhood. Outline Journal of Education, 3(2), 19–23.
Shaleha, K., Yusnita, N. C., & Aisyah, R. (2024). Application of Songs and Movement in Improving Kinesthetic Intelligence in Early Childhood at RA Al Mahabbah. Outline Journal of Community Development, 1(3), 97-100.
Shaleha, K., Yusnita, N. C., & Aisyah, R. (2024). Application of Songs and Movement in Improving Kinesthetic Intelligence in Early Childhood at RA Al Mahabbah. Outline Journal of Community Development, 1(3), 97-100.
Yuliana D., dkk., (2023) Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Kolaboratif, Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Volume (6) No (2) Nopember 2023–eISSN : 2621-1467.
Yusnita, N. C., & Shaleha, K. (2024). Kreativitas Gerak dan Lagu Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Al-Mahabbah. Outline Journal of Community Development, 1(3), 92-96.
Yusnita, N. C., & Shaleha, K. (2024). Kreativitas Gerak dan Lagu Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Al-Mahabbah. Outline Journal of Community Development, 1(3), 92-96.
Yusnita, N. C., & Shaleha, K. (2024). Training RA Al Mahabbah Children's Foreign Language Skills through English Songs. Outline Journal of Community Development, 1(3), 101-105.
Yusnita, N. C., Afdhalina, A., & Widyastika, D. (2024). Simple Science Learning To Improve Children's Cognitive Abilities Through Taste Playing Activities. Jurnal Scientia, 13(03), 939-946.
Yusnita, N. C., Afdhalina, A., & Widyastika, D. (2024). Simple Science Learning To Improve Children's Cognitive Abilities Through Taste Playing Activities. Jurnal Scientia, 13(03), 939-946.
Zaenol Fajri, Ira Febriliana Dewi Riza, HimmatulAzizah, Yulia Sofiana, Ummami, A. A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(3), 397–408. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583’
Zebar, A., Ramadhani, S., & Aisyah, D. (2024). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Generatif terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Budisatrya Medan. Outline Jurnal Pendidikan , 3 (1), 28-35.
Zebar, A., Rinaldi, M., & Yusnita, N. C. (2024). Tips for Success in Facing Accreditation. Outline Journal of Community Development, 1(3), 73-77.