Pengaruh Customer Relationship Management, Harga Dan Kreativitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Ace Hardware Medan)
Keywords:
Customer Relationship Management, Harga dan Kreativitas Iklan, Keputusan PembelianAbstract
Keputusan pembelian merupakan akar dari pencapaian sebuah penjualan yang mana pada keputusan pembelian berdampak terhadap perputaran dan keberlangsungan tiap-tiap organisasi. Keputusan pembelian merupakan salah satu bentuk perilaku konsumen didalam menggunakan suatu produk. Dalam menggunakan suatu produk untuk mengambil sebuah keputusan pembelian, konsumen akan melalui proses yang merupakan gambaran dari perilaku konsumen menganalisis berbagai macam pilihan untuk mengambil keputusan dalam melakukan pembelian. Target pembelian akan tercapai apabila atribut-atribut pendorong pembelian dipenuhi oleh perusahaan salah satu atribut tersebut yaitu customer relationship management, harga dan kreativitas iklan. Metode yang digunakan dalam penellitian ini adalah metode kuantitatif dengan Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 97 responden. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji analisis linier berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial customer relationship management tidak berpengaruh terhadap keputusan, namun untuk variabel harga dan kreativitas iklan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Dan customer relationship management, harga dan kreativitas iklan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan
References
Agustina, Shinta. Manajemen Pemasaran (2017) Malang: UB Press
Andayani Endah, Triastity Rahayu dan Widajanti Erni. Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler As Dengan Celebrity Endorser Sebagai Variabel Moderasi (Survei Pada Mahasiswa S1 Universitas Slamet Riyadi Surakarta) (2016) Jurnal Icoleess Vol.5 No.7 Juni 2016
Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, dan Strategi) (2014). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asraini Pengaruh Crm Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembeian Konsumen Melalui Brand Trust Pada PT. Nasmoco Pemuda (2019) Jinita Vol.4 No.3 Juni 2019
Buchari, Alma. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (2015) Bandung: Alfabeta
Daryanto. Manajemen Pemasaran (2016) Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Dinawan Rendria Muhammad Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi kasus pada konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang) (2016) Jurnal EMBA Vol.3 No.2 Juni 2016
Francis, Buttle Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) (2016) Jakarta: Bayumedia.
Ghozali, Imam. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) (2014) Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen (2014). Yogyakarta: Erlangga
Herdiana, Nana Abdurrahman. Manajemen Strategi Pemasaran (2015) Bandung: CV.Pustaka Setia.
Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif) (2016) Jakarta: GP Press.
James, Barnes. Secrets of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan (2015) Yogyakarta: ANDI
Kasali. Manajemen Periklanan, Konsep dan Aplikasinya (2016) Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti
Kenneth Roman, Jane Maas, Martin Nisenholtz. How To Advertising (2015) Jakarta: St. Martin’ Press
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane .Marketing Management (2016). Yogyakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. Prinsip-prinsip Pemasaran (2014) Jakarta: Erlangga
Murad Suryani dan Rafsanjani Ahmad Pengaruh Kreativitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartfren Di Kota Banda Aceh (Studi Pada Pelanggan Smartfren Di Kota Banda Aceh) (2016) Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.2 NO.1 2016
Moleong, Lexy J. Metodologi penelitian kualitatif. Edisi revisi ; Cetakan ketiga puluh delapan (2018) Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Morissan. Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu. (2016) Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Paul, J Peterand dan Olson, C Jerry. Consumer Behavior (2015)Jakart: Erlangga.
Rambat, Lupiyoadi , et al. Manajemen Pemasaran Jasa. (2016) Jakarta: Salemba Empat.
Rahmadewi Triyani, Farida Naili dan Dewi Shinta Reni. Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Nusantara Surya Sakti Sumbawa (2019) EKOBIS Vol.6 No.3 Agustus 2019
Rares, Angelina dan Jorie, Rotinsulu Jopie. The Effect Of The Price, Promotion, Location, Brand Image And Quality Products Towards The Purchase Decision Of Consumers At Bengkel Gaoel Store Manado Town Square. (2015) jurnaljam Vol.6 No 17 Juni 2015
Setyaningsih Budi Noviany dan Kuswardani. The Influence of Advertising Creativity, Endorser Credibility, And Advertising Messages on Purchase Decisions for Lifebuoy Shampoo Products (Study on Consumers at Ada Setiabudi Supermarkets, Semarang) (2019) Unnes Vol.6 No 17 Juni 2019
Soehardi, Sigit. Pemasaran Praktis Edisi ketiga (2014). Yogyakarta: BPFE
Sudaryono. Manajemen Pemasaran (2016). Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (2014) Bandung: Alfabeta.
Sulaksana. Komunikasi Pemasaran (2017) Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sutisna. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran (2018).,Bandung Remaja: Rosdakarya
Swastha, Basu dan Irawan. Asas-asas Marketing. (2018) Yogyakarta: Liberty
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran (2016). Jogjakarta: Penerbit Andi
Yuristika Mia, Farida Naili Reni Dewi Shinta. Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pelanggan Alfamart di Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang) (2017) Apmba Vol.3 No 12 Juni 2017
Zulaicha dan Irawati. Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam. (2016) Jurnal JEE Vol.2 No 13 Juni 2015