Pengaruh Customer Relationship Management, Harga Dan Kreativitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Ace Hardware Medan)

Authors

  • Nahar Maganda Saragih Universitas Satya Terra Bhineka Author
  • Firman Syahputra AMIK Polibisnis Author
  • Sakina Balqis Universitas Satya Terra Bhineka Author
  • Royanti Sinaga Universitas Satya Terra Bhineka Author

Keywords:

Customer Relationship Management, Harga dan Kreativitas Iklan, Keputusan Pembelian

Abstract

Keputusan pembelian merupakan akar dari pencapaian sebuah penjualan yang mana pada keputusan pembelian berdampak terhadap perputaran dan keberlangsungan tiap-tiap organisasi. Keputusan pembelian merupakan salah satu bentuk perilaku konsumen didalam menggunakan suatu produk. Dalam menggunakan suatu produk untuk mengambil sebuah keputusan pembelian, konsumen akan melalui proses yang merupakan gambaran dari perilaku konsumen menganalisis berbagai macam pilihan untuk mengambil keputusan dalam melakukan pembelian. Target pembelian akan tercapai apabila atribut-atribut pendorong pembelian dipenuhi oleh perusahaan salah satu atribut tersebut yaitu customer relationship management, harga dan kreativitas iklan. Metode yang digunakan dalam penellitian ini adalah metode kuantitatif dengan Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 97 responden. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji analisis linier berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial customer relationship management tidak berpengaruh terhadap keputusan, namun untuk variabel harga dan kreativitas iklan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Dan customer relationship management, harga dan kreativitas iklan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan

References

Agustina, Shinta. Manajemen Pemasaran (2017) Malang: UB Press

Andayani Endah, Triastity Rahayu dan Widajanti Erni. Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler As Dengan Celebrity Endorser Sebagai Variabel Moderasi (Survei Pada Mahasiswa S1 Universitas Slamet Riyadi Surakarta) (2016) Jurnal Icoleess Vol.5 No.7 Juni 2016

Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, dan Strategi) (2014). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asraini Pengaruh Crm Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembeian Konsumen Melalui Brand Trust Pada PT. Nasmoco Pemuda (2019) Jinita Vol.4 No.3 Juni 2019

Buchari, Alma. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (2015) Bandung: Alfabeta

Daryanto. Manajemen Pemasaran (2016) Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Dinawan Rendria Muhammad Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi kasus pada konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang) (2016) Jurnal EMBA Vol.3 No.2 Juni 2016

Francis, Buttle Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) (2016) Jakarta: Bayumedia.

Ghozali, Imam. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) (2014) Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen (2014). Yogyakarta: Erlangga

Herdiana, Nana Abdurrahman. Manajemen Strategi Pemasaran (2015) Bandung: CV.Pustaka Setia.

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif) (2016) Jakarta: GP Press.

James, Barnes. Secrets of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan (2015) Yogyakarta: ANDI

Kasali. Manajemen Periklanan, Konsep dan Aplikasinya (2016) Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti

Kenneth Roman, Jane Maas, Martin Nisenholtz. How To Advertising (2015) Jakarta: St. Martin’ Press

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane .Marketing Management (2016). Yogyakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. Prinsip-prinsip Pemasaran (2014) Jakarta: Erlangga

Murad Suryani dan Rafsanjani Ahmad Pengaruh Kreativitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartfren Di Kota Banda Aceh (Studi Pada Pelanggan Smartfren Di Kota Banda Aceh) (2016) Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.2 NO.1 2016

Moleong, Lexy J. Metodologi penelitian kualitatif. Edisi revisi ; Cetakan ketiga puluh delapan (2018) Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Morissan. Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu. (2016) Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Paul, J Peterand dan Olson, C Jerry. Consumer Behavior (2015)Jakart: Erlangga.

Rambat, Lupiyoadi , et al. Manajemen Pemasaran Jasa. (2016) Jakarta: Salemba Empat.

Rahmadewi Triyani, Farida Naili dan Dewi Shinta Reni. Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Nusantara Surya Sakti Sumbawa (2019) EKOBIS Vol.6 No.3 Agustus 2019

Rares, Angelina dan Jorie, Rotinsulu Jopie. The Effect Of The Price, Promotion, Location, Brand Image And Quality Products Towards The Purchase Decision Of Consumers At Bengkel Gaoel Store Manado Town Square. (2015) jurnaljam Vol.6 No 17 Juni 2015

Setyaningsih Budi Noviany dan Kuswardani. The Influence of Advertising Creativity, Endorser Credibility, And Advertising Messages on Purchase Decisions for Lifebuoy Shampoo Products (Study on Consumers at Ada Setiabudi Supermarkets, Semarang) (2019) Unnes Vol.6 No 17 Juni 2019

Soehardi, Sigit. Pemasaran Praktis Edisi ketiga (2014). Yogyakarta: BPFE

Sudaryono. Manajemen Pemasaran (2016). Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (2014) Bandung: Alfabeta.

Sulaksana. Komunikasi Pemasaran (2017) Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sutisna. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran (2018).,Bandung Remaja: Rosdakarya

Swastha, Basu dan Irawan. Asas-asas Marketing. (2018) Yogyakarta: Liberty

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran (2016). Jogjakarta: Penerbit Andi

Yuristika Mia, Farida Naili Reni Dewi Shinta. Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pelanggan Alfamart di Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang) (2017) Apmba Vol.3 No 12 Juni 2017

Zulaicha dan Irawati. Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam. (2016) Jurnal JEE Vol.2 No 13 Juni 2015

Downloads

Published

2025-02-11